Jumat, 01 Januari 2010

TAHUN BARU RENCANA BARU

Tak terasa tahun telah menunjukkan angka 2009, sebuah usia yg terbilang cukup tua. Meskipun hal ini tidak menunjukkan usia dari planet yang bernama bumi -tempat dimana manusia direncanakan, dilahirkan, menjalani kehidupan, dan kembali menghadap Sang Pencipta-. Orang banyak menganggap bahwa Tahun Baru adalah sesuatu yang dapat memberikan secercah harapan baru untuk langkah-langkah selanjutnya. Tetapi tidak semua orang, ada juga yang harus mengalami bahwa tahun baru sebagai langkah akhir menjalani kehidupan di dunia. Seperti yang baru saja kita alami di mana salah satu sosok yang luar biasa di negeri ini, dengan kekurangannya beliau menjadi seseorang yang memiliki talenta yang luar biasa. Abdulrahman Wahid atau lebih dikenal dengan nama “Gus Dur” telah mengakhiri perjalanannya di dunia ini dan kembali ke pangkuan Sang Pencipta. Penulis juga baru saja mendapat khabar seseorang yang telah membimbing dan berperan dalam kehidupan penulis sehingga menjadi seorang seperti sekarang, kemarin telah meninggalkan harapan-harapannya untuk kembali berkumpul bersama Dia.

Beberapa menit pada saat menulis tulisan ini akan memasuki tahun 2010. Pastilah kita mempunyai berbagai harapan positif untuk tahun 2010. Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dan refleksikan sebelum kita mulai merencanakan planing kita di tahun depan:

1. INGATLAH PERASAAN ANDA DI TAHUN YANG LALU

Di tahun 2009 yg telah kita lewati pastilah banyak hal yang kita alami dan lakukan. Kita juga telah merencanakan banyak hal untuk kita lakukan di tahun tersebut. Saya yakin bahwa tidak semuanya dapat dilakukan, ada beberapa dari rencana kita yang BELUM dapat tercapai sepenuhnya atau bahkan TIDAK terlaksana sama sekali. Ketika kita berhasil melaksanakan rencana kita, kita pasti akan merasa bahagia. Sebaliknya, ketika kita belum dapat atau bahkan tidak dapat melaksanakan rencana kita sama sekali pastilah kita akan merasakan sedih dan kecewa. Apa yang kita rasakan tersebut sebenarnya dapat menjadi patokan kita untuk melangkah di tahun yang akan datang, baik perasaan sedih atau bahagia.

Dengan perasaan sedih yang pernah kita rasakan berarti kita menjadi terpacu untuk tidak merasakan perasaan tersebut. Untuk itu kita harus menekan sebanyak mungkin sesuatu yang membuat kita menjadi sedih. Ketika itu berkaitan dengan apa yang kita lakukan berarti kita harus berusaha mencari alternatif yang membuat kita berhasil dan dapat merasakan perasaan bahagia bukan perasaan sedih. Sedangkan untuk perasaan bahagia, itu menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk dapat mempertahankan perasaan tersebut.

Yang penting bagi kita, apa yang membuat kita menjadi sedih dan bahagia tersebut.

2. BELAJARLAH DARI PENGALAMAN MASA LALU

Banyak orang yang terkadang memandang sebelah mata pengalaman yang telah terjadi dan berlalu. Hidup itu terbagi atas tiga hal yakni MASA LALU, MASA KINI dan MASA DEPAN. Apa yang telah kita alami sebenarnya menjadi batu pijakan bagi kita untuk melakukan segala hal yang kita lakukan di saat ini dan juga menjadi bekal bagi kita untuk merencanakan sesuatu yang hendak kita lakukan di masa depan. Jadi segala pengalaman negatif/gagal dan positif/keberhasilan yang kita alami di masa lalu bisa menjadi dasar bagi kita untuk merencanakan segala sesuatu yang hendak kita lakukan dimasa yang akan datang.

Yang penting bagi kita, belajarlah dari pengalaman masa lalu kita. Carilah berbagai alternatif agar pengalaman negatif berubah menjadi pengalaman yang positif.

3. RENCANAKANLAH SESUAI KEMAMPUAN KITA

Dalam merencanakan apa yang akan kita lakukan di waktu yang akan datang ada hal penting yang harus kita pertimbangkan. Salah satunya adalah dengan melihat kemampuan yang kita miliki apapun itu.

SELAMAT TAHUN BARU 2010!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

(maaf terpotong….tepat jam 00.00 wib tahun 2010)

Bila kita merencanakan sesuatu tanpa memperhatikan kemampuan yg kita miliki seperti kemampuan berpikir, tenaga maupun kemampuan secara ekonomis, maka jangan DOWN andaikan Anda gagal melaksanakan rencana-rencana yang telah Anda susun.

Yang penting bagi kita adalah lihat dan refleksikan kembali kemampuan yang kita miliki, rencanakanlah apa yang hendak Anda lakukan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki tersebut agar kegagalan dapat ditekan sekecil mungkin.

Jadi ada tiga hal yang perlu kita perhatikan dalam merencanakan apa yang akan kita lakukan.

1. Ingatlah Perasaan Anda di tahun yang lalu.

2. Belajarlah dari pengalaman masa lalu Anda

3. Rencanakanlah sesuai dengan kemampuan kita

Semoga dengan sedikit tulisan perdana ini kita dapat merencanakan kesuksesan kita di Tahun Baru 2010 ini.

SELAMAT TAHUN BARU 2010

Semoga Sukses dan Selamat Berjuang.

Melinting, 01 januari 2010. 00.39 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar